Bagi anda para marketing negosiasi adalah hal penting dalam menjaring customer/nasabah, tapi apakah anda pernah bertanya;
1. looh kok susah ya nih orang.
2. waduh kok bilang masih dipikir-pikir.
3. suatu saat nanti kalau saya berminat saya hubungi anda.
nah looh…pernah kayak gini nih ?
Nah agar calon customer kita setidak-tidaknya dapat tertarik terlebih dahulu, maksudnya bukan langsung membeli produk kita looh.
Begini caranya :
Tahap Awal :
1.Persiapkan terlebih dahulu Proposal mengenai produk kita.
2.Kuasai tentang produk-produk kita, kelebihan atau kekurangannya apa ? jangan sampai customer/nasabah bertanya kita bilang wah maaf bapak/ibu ini produk baru kita belum tahu persis mengenai produk ini.
3.Buatlah janji bertemu, kalau bisa tanyakan terlebih dahulu kepada customer, jangan langsung nyelonong kesana.
Tahap Kedua :
1. Pada saat pertama kali bertemu banyak marketing yang langsung aja bicara produk, maksudnya si marketing mungkin biar langsung closing the same day gitu…ya khan ???
2.Kalau bisa sesering mungkin kita sebut nama customer/nasabah maksudnya bukan pak, bu, mas, mbak dlsb
3.Ajaklah customer merasa nyaman ngobrol dengan kita, caranya adalah; tangkap apa saja yang customer/nasabah sering bicarakan pada saat bertemu anda (ngobrol dengan anda) misalkan customer senang menceritakan tentang keluarganya, ya kita sebisa mungkin dan harus ! mengikuti obrolan tersebut
4.Setelah semua tahap 1 dan 2 selesai kita bikin janji bertemu kembali, setidak-tidaknya 3 hari setelah bertemu tahap pertama dengan customer/nasabah
Tahap Terakhir :
1.Jangan lupa tanyakan kabar customer/nasabah kita pada saat bertemu, ngobrolah hal-hal seputar bisnisnya
2.Tanyakan mengenai Proposal kita, misal, bagaimana pak dengan proposal mengenai produk saya, saya rasa cukup bagus buat bapak, eit’s tapi jangan sampai anda menjelek-jelekan produk pesaing kita, itu hukumnya HARAM dan gak boleh
3. Nah kalau akhirnya customer jadi membeli maka kita sudah berhasil, tapi kalau belu ulangi Tahap Kedua.
Hal-hal yang perlu diperhatikan seorang Maketing adalah :
Kalau sudah dapat customer/nasabah jangan lupa diperhatikan, maksudnya jangan mentang-mentang kita sudah dapet satu pembeli kita kupa ama yang laennya, perhatian bisa dalam bentuk mengingat dan mengucapkan selamat atas hari ulang tahun, pernikahan, kelahiran anak, cucu, kalau perlu hal ini di catat Jangan Sampai Lupa, soalnya setahu saya 8 dari sepuluh orang Marketing memperhatikan hal ini selebihnya Amnesia sesaat tar kalau dah mentok ujung-ujungnya customer/nasabah yang sudah ada disuruh membeli produk lagi…;)
ok…salam Platinum jadikan customer/nasabah merasa The First Important Person.
blackplatinum.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar